Jumat, 24 Maret 2017

Cara Membuat Pupuk Kompos Kascing (bekas cacing)

PUPUK KOMPOS KASCING (BEKAS CACING)

Image result for PUPUK KASCING
Pupuk yang berasal dari kotoran cacing
DASAR TEORI
Kascing merupakan kotoran dari cacing beukuran  partikel kecil yang berasal dari  bahan organik yang telah dimakan cacing dan dikeluarkan lagi. Proses pembuatan kascing disebut vermicomposting.  Kualitas kascing sangat tergantung kepada jenis cacing dan bahan organik yang dimakannya. Kascing mengandung unsur hara makaro dan mikro juga vitamin. Cacing yang sering digunakan untuk pembuatan kascing adalah Lumbricus rubellus, tetapi bila cacing ini tidak tersedia bisa juga cacing tanah yang lain.
TUJUAN
Tujuan pembuatan kascing untuk menghasilkan pupuk organik yang dapat digunakan untuk perbaikan  tanah dan pertumbuhan serta produksi tanaman.
BAHAN DAN ALAT
  1. Wadah (tempat) peternakan cacing (dapat dibuat dari kotak kayu) atau karung plastik.
  2. Cacing 2 kg
  3. Bahan Organik berserat tinggi  (jerami, batang pisang, sabut kelapa, kertas) yang telah dikering anginkan 5 kg
  4. Air secukupnya
  5. Pakan untuk cacing (sayuran yang telah digiling atau kotoran ternak yang telah diencerkan)   

CARA KERJA
  1. Bahan organik yang digunakan tidak berbau menyengat, kemudian dikering anginkan (tidak dibawah sinar matahari), selama pengeringan dilakukan juga  penyiraman setiap hari dan pembalikan 3 hari sekali selama 1-2 minggu.
  2. Apabila bahan nomor 1 suhunya sudah stabil, kemudian dimasukkan ke dalam kotak kayu yang telah dilapisi plastik atau dimasukkan ke dalam karung plastik. Pernadingan ukuran kotak kayu dan cacing  kira-kira 1 x 1 x 0,10 m : 2000 ekor cacing.
  3. Masukkan cacing ke dalam wadah nomor 2, kumudian masukkan cacing ke dalamnya, wadah sebaiknya ditutup dengan potongan batang pisang agar terlindungi dari sinar matahari dan cacing menyukai tempat yang lembah serta dingin.
  4. Cacing dipelihara selama 6 minggu dengan memberi pakan setiap 1 hari sekali sebanyak berat cacing yang dimasukkan (bila cacing dimasukkan 100 garam maka pakan yang diberikan juga 100 gram).
  5. Selama proses pembuatan amati dan catat keadaan suhu setiap hari dengan menggunakan termometer.
  6. Pemanenan, dapat dilakukan apabila bahan organik yang diberikan telah habis dimakan oleh cacing dan telah menampakkan butiran kotoran cacing.
  7. Pemanenen dilakukan dengan cara menumpukkan bahan (kascing) menjadi gundukan agar cacing turun ke bawah gundukan menghindari sinar matahari.
  8. Kascing dikering anginkan lalu diayak. Pengayakan bertujuan untuk mendapatkan kascing yang halus dan dapat mengambil cacing dan telur.
  9. Cacing yang telah dipanen dapat digunakan lagi untuk proses pembuatan kascing selanjutnya.

Daftar Pustaka

Tri Mulat. 2003. Membuat dan memanfaatkan Kascing Pupuk  Organik Berkualitas. Agromedia Pustaka. Jakarta.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Jual Pupuk Kascing merk Mitra Sejahtera ukuran 4 kg dan 20 kg.
    Kunjungi https://www.tokopedia.com/purismg
    Mitra Sejahtera Pupuk sudah terdaftar di Departemen Pertanian

    BalasHapus
  3. Jual pupuk Kascing 1 kantong berat isi 3 kg, harga Rp.10.000
    Cp.08973474107

    BalasHapus